Tips Membuat Keuangan Warung Tetap Stabil di Awal Usaha

  • Whatsapp
Tips-Membuat-Keuangan-Warung-Tetap-Stabil-di-Awal-Usaha
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Buku Warung atau pembukuan keuangan banyak dianggap hanya cocok untuk usaha-usaha yang sudah lama berdiri atau usaha dengan skala besar. Padahal dalam kenyataannya buku ini juga diperlukan bagi usaha kecil seperti warung untuk menjaga kestabilan keuangan. Awal berdirinya usaha, biasanya belum terlalu memikirkan pencatatan keuangan baik untung maupun rugi.

Untuk menjaga kestabilan keuangan, sangat diperlukan adanya pencatatan yang detail agar tidak tercampur antara keuangan pribadi dengan uang usaha. Biasanya pengusaha baru hanya fokus pada pemasaran dan produk dan menyampingkan keuangan yang masuk setiap harinya.

Pentingnya Membuat Pembukuan Keuangan Warung di Awal Usaha

Sebenarnya fokus terhadap produk dan pemasarannya menjadi hal yang wajar bagi anda yang memulai usaha. Hal itu karena di awal berdirinya warung usaha perlu adanya proses penetrasi pasar yang biasanya terjadi pada bulan-bulan awal hingga produk yang dijual dicekal oleh pelanggan.

Setelah berada di zona nyaman dengan omset yang besar biasanya pemilik warung tidak memperhatikan pentingnya laporan keuangan yang seharusnya dibuat sejak awal. Saat warung atau toko anda sudah berkembang dan semakin banyak dibeli pelanggan maka jumlah transaksi yang terjadi juga semakin banyak.

Dilihat dari hal tersebut maka akan terlihat omset semakin besar namun belum tentu dana cash juga besar atau justru tidak ada margin sama sekali karena banyaknya piutang atau hal lainnya. Untuk melihat banyaknya piutang yang anda keluarkan kepada pelanggan, bisa dideteksi dengan mudah ketika anda membuat laporan keuangan dengan detail.

Bahkan dengan memiliki buku laporan keuangan atau Buku warung bisa meningkatkan profit bagi warung atau toko anda. Dalam buku laporan keuangan anda bisa melihat berapa jumlah kas yang masuk, piutang yang diberikan kepada pelanggan hingga hutang yang mungkin menjadi beban anda.

Namun sayangnya membuat buku keuangan banyak dianggap sebagai hal yang rumit bagi sebagian pengusaha. Dengan begitu meskipun mengetahui bahwa pembukuan adalah hal yang penting terkadang menjadi prioritas yang ditunda-tunda.

Jika diteruskan, hal tersebut justru dapat  menjadi penyebab toko anda tersendat bahkan berakibat pada kebangkrutan. Jika dirasa belum mampu membuat laporan keuangan mandiri, anda bisa menggunakan bantuan pihak ketiga dengan sebuah aplikasi.

Dalam hal ini anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas untuk membangu mencatat keuangan harian anda. disini anda bisa mencatat keuangan yang masuk, keluar bahkan hutang dan piutang yang anda miliki.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh setiap pengusaha baik dalam skala besar maupun skala kecil seperti toko dan warung. Selain mudah dijalankan, aplikasi ini juga memiliki sistem otomatisasi dimana saat anda mengedit satu bagian maka bagian lain akan ikut diperbarui.

Dengan begitu, BukuKas dapat menjadi solusi bagi anda untuk membuat buku warung atau pencatatan laporan keuangan dengan mudah. Nah bagi anda yang saat ini masih malas membuat catatan keuangan, aplikasi ini bisa menjadi solusi yang tetap untuk memajukan usaha anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *