Sebelum Membeli Rumah, Yuk Cari Tahu Ciri Ciri Properti Syariah Terlebih Dahulu

  • Whatsapp
Sebelum-Membeli-Rumah-Yuk-Cari-Tahu-Ciri-Ciri-Properti-Syariah-Terlebih-Dahulu
Foto dari Canva Pro

Tidak sedikit yang mengira developer syariah menjual perumahan hanya kepada kaum muslim saja, kenyataannya tidak begitu. Siapapun yang menginginkan rumah dan apapun agamanya  bebas untuk membeli properti syariah. Properti syariah adalah properti yang sistem pembayaran menggunakan kaidah syariah, berikut simak ciri ciri properti syariah selengkapnya.

Ciri Properti Syariah Yang Wajib Anda Ketahui

1. Transaksi Tanpa Riba

Transaksi properti syariah dengan properti konvensional sangat berbeda. Hal yang paling terlihat adalah tidak ada bunga maupun denda yang dinilai sebagai riba dan dilarang oleh agama Islam. Jika anda memilih untuk membeli properti syariah maka anda akan terbebas dari hutang dan juga bunga. Tentu saja sistem properti syariah lebih aman dan nyaman untuk anda.

2. Akad Jual Beli

Hal utama dalam transaksi syariah adalah profit yang logis antara transaksi dagang dan juga jual beli. Keuntungan utama yang diambil pengembang para penjual properti syariah melalui jual beli. Kontrak jual beli dalam syariah memiliki harga yang tidak berubah meskipun terjadi fluktuasi perhitungan pokok, angsuran akan tetap sesuai dengan kesepakatan di awal.

3. Harga Jual Tidak Berubah

Harga jual tidak berubah karena properti syariah menggunakan sistem satu harga yang disepakati kedua pihak, tersedia jumlah cicilan tiap bulannya dan jangka waktu yang dipilih. Perjanjian harga ini disepakati oleh kedua pihak  dan harus disepakati seluruhnya sejak perjanjian awal, mencegah terjadinya perubahan di tengah atau diakhir angsuran.

4. Tidak Memiliki Asuransi

Ciri ciri properti syariah terakhir tidak ada asuransi karena akad dalam asuransi tidak ada kejelasan dan tidak sesuai dengan hukum syariah.  Nasabah tidak mendapat klaim tanpa mengalami resiko, hal ini yang menjadikan akad dalam asuransi tidak jelas di mata Islam.  Karena itu hampir semua jenis properti hunian syariah tidak memiliki asuransi.

Demikian ciri sistem transaksi properti syariah, apabila anda ingin membeli hunian dengan minim kerugian maka properti syariah dapat menjadi hunian yang bisa anda pilih. Disamping minim resiko, anda juga akan merasaksan kenyamanan dalam bertransaksi dibalut dengan sistem syariah islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *