Resep Rahasia Donat Kentang Agar Lebih Renyah

  • Whatsapp
Resep-Rahasia-Donat-Kentang-Agar-Lebih-Renyah
Foto oleh Alfredo Alvarado

Salah satu varian donat yang sekarang mulai populer adalah donat kentang. Bahan dasar dari pembuatan donat ini bukan lagi sekedar tepung, melainkan dengan campuran kentang. Jika anda bertanya tanya seperti apa rasa yang dimilik donat kentang ini, jabawannya tentu sangat lezat seperti donat pada umumnya yang manis dan gurih. Pembuatan donat kentang ini terbilang cukup mudah, tetapi untuk menghasilkan tekstur yang empuk dan renyah butuh perhatian yang lebih. Tidak usah berfikir lebih panjang lagi, kami telah menyiapkan resep donat kentang special yang akan membantu anda membuat donat kentang dengan renyah dan lezat berikut ini :

Bahan Bahan :

  • 3 sendok makan mentega tawar
  • 3/4 cangkir gula pasir
  • 1 telur besar
  • 1 1/2 sendok teh ekstrak vanili
  • 1 cangkir kentang tumbuk instan (lihat Catatan Tambahan di bawah)
  • 1/4 cangkir buttermilk pada suhu ruangan (jangan dingin ataupun panas)
  • 2 cangkir tepung serbaguna ( mungkin perlu ditambah lagi untuk ditaburkan di permukaan)
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh pala yang sudah diparut atau dihaluskan
  • Minyak / Mentega putih untuk menggoreng (lihat Catatan Tambahan di bawah)
  • Gula kayu manis, untuk taburan (pilihan opsional)

Cara Membuat :

  1. Dalam mangkuk besar, kocok mentega dan gula dengan mixer sampai mengembang, sekitar 1 menit. Tambahkan telur dan vanila kemudian kocok hingga berwarna kuning mengkilap dan pucat.
  2. Tambahkan kentang, susu, mentega dan kocok hingga halus. Tambahkan tepung, baking powder, baking soda, garam, dan pala kemudian kocok hingga merata. Sekarang, adonan seharusnya sudah cukup mudah untuk dibentuk, tetapi masih agak lengket.
  3. Taburkan tepung di tangan anda dan balikkan adonan ke atas meja untuk dilapisi tepung juga.
  4. Tekan adonan menggunakan tangan anda dengan lembut hingga ketebalan ½ inci dan potong menjadi bundar menggunakan pemotong donat atau dua pemotong biskuit (besar dan kecil). Kumpulkan sisa potongan tadi untuk membuat lagi beberapa adonan kecil agar tidak terbuang sia sia.
  5. Isi penggorengan dengan minyak dengan kedalaman 2½ inci. Nyalakan api sedang sampai suhu mencapai 190 derajat celcius. Sedikit demi sedikit, masak donat dalam minyak panas tersebut, putar sesekali sampai mengembang dan berwarna cokelat keemasan di kedua sisi, 2 hingga 4 menit per sisi. Saat anda menggoreng, anda mungkin perlu mengurangi atau membesar volume api dari kompor untuk mempertahankan suhu yang tetap. Ada baiknya jika memeriksa secara berkala dengan termometer.
  6. Pindahkan donat yang sudah matang ke atas tisu atau kertas untuk dikeringkan. Akan lebih baik jika anda mengaduk donat yang sudah dikeringkan tersebut kedalam gula kayu manis ketika sudah cukup dingin.
  7. Voila, donat kentang special anda sudah siap untuk disajikan!

Catatan Tambahan:

Semakin kering kentang anda,maka semakin ringan pula donat yang anda buat, ada baiknya jika kentang tersebut untuk dipanggang atau dimasukan kedalam microwave terlebih dahulu daripada merebusnya. Jika anda menggoreng donat dengan menggunakan  mentega putih yang dilelehkan akan menghasilkan permukaan donat yang lebih renyah. Tidak harus selalu kentang tumbuk instan yang digunakan dalam pembuatan donat ini, anda juga bisa menggunakan kentang tumbuk sisa buatan rumah, asalkan tidak dibumbui dengan bawang putih, daun bawang, dan lain sebagainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *