Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

  • Whatsapp
Pantangan-Makanan-untuk-Penderita-Asam-Urat

Tidak bisa dipungkiri bahkan makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi merupakan salah satu sumber penyakit yang nantinya akan dialami. Hal tersebut perlu diperhatikan sehingga Anda bisa untuk membatasi makanan yang dapat menyebabkan sebuah penyakit apabila tidak ingin menyesal belakangan. Selain itu, bagi Anda yang sudah mempunyai penyakit tertentu juga tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangannya. Seperti misalnya bagi Anda yang mempunyai asam urat juga bisa menghindari beberapa makanan agar asam urat tidak kambuh. Adapun beberapa pantangan makanan untuk penderita asam urat adalah sebagai berikut:

1. Jeroan dan seafood

Makanan pertama yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah jeroan dan juga makanan laut atau seafood. Untuk jeroan merupakan makanan yang perlu dijauhi karena mempunyai kandungan purin yang tinggi. Adapun untuk purin sendiri merupakan kandungan dalam makanan yang harus sangat dihindari oleh penderita asam urat karena dapat untuk membuat asam urat dapat kambuh. Oleh karena itulah walaupun seafood mempunyai rasa yang enak tetapi sebaiknya sayangi diri sendiri agar tidak merasa linu dan nyeri apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini. Anda juga tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan jeroan seperti hati dan organ dalam lainnya.

2. Sayuran yang mempunyai purin tinggi

Walaupun merupakan bahan sehat, sayuran tertentu juga merupakan bahan yang sebaiknya dihindari. Dimana Anda bisa untuk menghindari sayuran yang mempunyai kadar purin tinggi seperti bayam, asparagus, kacang polong, jamur, dan juga kembang kol. Walaupun sebenarnya purin dari sayuran tidak terlalu berbahaya dibandingkan dari bahan lainnya, akan tetapi tetap saja sebaiknya untuk membatasi jumlah yang masuk ke tubuh. Oleh karena itulah Anda bisa untuk tetap mengkonsumsi sayur dengan kandungan purin tetapi tidak boleh terlalu sering untuk menghindari asam urat yang bisa kumat.

3. Minuman mengandung alkohol

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh penderita asam urat adalah dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Dimana ada beberapa jenis minuman beralkohol yang mempunyai kandungan purin yang tinggi dan hal tersebut bisa untuk membuat asam urat naik karena dapat untuk meningkatkan kadar asam urat yang ada dalam darah. Oleh karena itulah penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman beralkohol terutama bir yang mempunyai kandungan purin tinggi dan juga wine yang kandungan purinnya sedang.

4. Gula

Bahan makanan selanjutnya yang juga harus dihindari adalah gula. Dimana sebenarnya gula mempunyai kandungan purin yang rendah, akan tetapi tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsi bahan yang satu ini. Hal tersebut karena apabila mengkonsumsi gula secara berlebihan, Anda mempunyai resiko lebih untuk terkena diabetes dan dapat mengalami obesitas dan ketika hal tersebut terjadi maka bisa untuk meningkatkan gejala rematik dan juga asam urat yang diderita. Oleh karena itulah kurangi konsumsi gula yang berlebihan ataupun mengurangi makanan yang mengandung gula yang tinggi.

5. Daging

Dan makanan terakhir yang harus dihindari untuk penderita asam urat adalah daging. Dimana daging harus dihindari sebagai makanan untuk penderita asam urat karena mempunyai kandungan purin. Walaupun sebenarnya kandungan purin masih tergolong sedang dan tidak terlalu tinggi, tetapi Anda tetap harus membatasi konsumsi daging agar tidak terlalu berlebihan dan membuat kadar asam urat menjadi tinggi. Apabila ingin mengkonsumsi daging juga usahakan untuk memilih daging yang tepat. Seperti daging sapi, daging unggas, daging kambing, dan daging babi yang tidak mempunyai lemak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *