Memiliki Gejala Batuk? Jangan Khawatir, Batuk Belum Tentu Corona!

  • Whatsapp
Memiliki-Gejala-Batuk-Jangan-Khawatir-Batuk-Belum-Tentu-Corona
Foto dari Canva Photos Unlimited

Pandemi corona seperti sekarang ini, membuat banyak orang memiliki kekhawatiran tersendiri dan cenderung berlebihan dengan gejala batuk. Pasalnya gejala covid19 yang paling umum memang adalah batuk kering dan demam. Padahal batuk sendiri merupakan gejala penyakit yang sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia. tanpa sebab sakit pun, seseorang bisa saja batuk sebagai upaya refleks tubuh untuk mengeluarkan zat asing yang masuk ke tenggorokan. Namun kini, saat orang lain batuk di sekitar kita, rasa cemas tiba-tiba datang yang membuat kita justru bertindak berlebihan. Begitu juga saat diri sendiri yang batuk-batuk dalam waktu cukup lama. Ketakutan akan virus ini membuat kita selalu ingin memeriksakan diri saat tiba-tiba batuk meski hanya sebentar.

Jangan sampai kita cemas berlebihan disebabkan karena covid19. Rasa cemas yang berlebihan akan menyebabkan diri menjadi stres. Stres bisa menyebabkan produksi hormon merusak metabolisme sehingga kekebalan tubuh justru menurun. Agar Anda tidak paranoid dan stres, sebaiknya menggali informasi terlebih dahulu mengenai apa saja penyakit yang dapat menyebabkan batuk sehingga Anda tidak buru-buru atau panik menuju rumah sakit.

Berikut ini adalah list penyakit dengan gejala batuk yang umum diderita masyarakat:

1. Radang tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat Indonesia. Ditandai dengan rasa sakit di bagian tenggorokan terutama saat menelan makanan dan batuk kering. Gejala ini sangat mirip dengan gejala covid19. Radang tenggorokan bahkan juga menyebabkan demam yang membuatnya sangat menyerupai covid. Namun ada perbedaan gejala diantara keduanya yaitu tidak adanya gejala sesak nafas pada radang tenggorokan.

2. TBC.

Penyakit lain yang memiliki gejala mirip dengan corona adalah TBC. Disebabkan oleh bakteri, TBC memiliki gejala batuk disertai dahak yang sangat sering terjadi terutama di malam hari. Penderita di awal fasenya juga mengalami demam meski tidak terlalu tinggi. Gejala yang mirip lainnya adalah sesak nafas atau nafas menjadi pendek-pendek. Perbedaan yang mudah adalah TBC menghasilkan batuk berdahak sedangkan covid19 adalah batuk kering. Namun kedua penyakit ini sama-sama berbahaya jika tidak segera ditangani.

3. Batuk pilek / influenza.

Batuk karena flu juga sering diderita masyarakat Indonesia. Batuk ini disertai dengan bersin-bersin. Badan menjadi sakit atau mudah lelah. Beberapa orang juga mengalami demam, namun tak ada gejala sesak nafas di dalamnya. Batuk influenza bisa sembuh dengan sendirinya jika penderita banyak beristirahat.

4. Kanker paru-paru.

Bagi penderita kanker paru-paru batuk menjadi gejala yang khas baik di stadium awal maupun di stadium lanjut. Selain itu pasien juga bisa mengalami sesak nafas bahkan dada menjadi sakit saat bernafas. Batuk yang diakibatkan oleh kanker bisa disertai darah. Pasien akan menjadi kurus dan semakin lemah.

Di beberapa penyakit yang memiliki gejala mirip corona di atas, batuk flu dan radang tenggorokan merupakan dua penyakit yang paling sering diderita. Jangan khawatir jika Anda batuk karena bisa saja Anda batuk akibat flu atau kelelahan. Bisa juga Anda sakit radang tenggorokan yang bisa disembuhkan dengan cara beristirahat cukup. Untuk memastikan penyebab batuk yang diderita, Anda bisa melakukan konsultasi secara online melalui Halodoc. Dengan begitu Anda tetap mendapatkan informasi dari ahlinya tanpa perlu keluar rumah mematuhi anjuran pemerintah. Jangan panik namun tetap waspada agar Anda terhindar dari penularan virus ini yang semakin massif akhir-akhir ini di Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *