Ibu Baru Wajib Paham 5 Kiat Pelekatan Posisi Menyusui yang Benar

  • Whatsapp
Ibu-Baru-Wajib-Paham-5-Kiat-Pelekatan-Posisi-Menyusui-yang-Benar
Foto dari Canva

Pelekatan posisi menyusui yang benar harus Anda perhatikan sejak awal agar tidak berdampak buruk pada kelancaran menyusui. Posisi menyusui yang salah tidak hanya membuat bayi kurang nyaman, tetapi bisa menyebabkan puting Anda terasa lecet dan perih. Baik melakukan posisi berbaring atau duduk pun, Anda harus memperhatikan kenyamanan bayi menyusui. Tanda bayi bisa menyusui dengan nyaman bisa terlihat dari bayi tidak bergerak saat menyusui, puting tidak terasa sakit dan masuk ke mulut bayi secara keseluruhan.

Tips Menyusui Bayi yang Baik

Bila Anda masih bingung dengan pelekatan posisi menyusui yang benar, sebaiknya coba tips menyusui bayi yang baik berikut :

1. Memposisikan puting ke dalam mulut si kecil dengan baik

Bila Anda baru saja melahirkan dan tidak punya tenaga yang cukup untuk duduk, maka tidak masalah menyusui sambil berbaring. Pastikan saja posisi puting masuk ke dalam mulut bayi dengan baik. Anda bisa meletakkan ibu jari di atas puting payudara, sedangkan jari lain di bawah puting dan masukkan ke dalam mulut bayi. Posisi yang benar akan membuat bayi Anda langsung menutup mulut sebab keseluruhan puting sudah masuk ke dalam mulut.

2. Berikan ASI pada bayi secara konsisten

Pada bayi yang masih lahir, Anda harus melatih ia menyusui dengan rajin membangunkannya setiap dua jam sekali. Meskipun bayi tertidur pun, Anda bisa membangunkannya agar nutrisi terpenuhi. Kenali tanda awal si bayi kelaparan dengan ciri ia menghisap jempol tangan terus menerus.

3. Segera menyusui bayi yang lapar

Bila si kecil menunjukkan tanda lapar, maka segera berikan ASI eksklusif kepadanya. Jangan tunggu anak menangis atau rewel  sebab ia akan buru-buru mengisap sebelum Anda melakukan pelekatan posisi menyusui yang baik. Bisa jadi kesalahan posisi menyusui akan berdampak pada anak yang tidak nyaman, acap melepas susu berulangkali atau puting Anda menjadi lecet.

4. Hindari pemakaian empeng

Empeng bisa membuat bayi merasa lebih tenang dalam sekejap, tetapi Anda sebaiknya menghindari kiat menenangkan bayi yang lapar dengan penggunaan empeng ini. Pasalnya, bayi akan menangis atau rewel saat menyadari tidak ada ASI yang keluar. Pada saat Anda melakukan posisi pelekatan menyusui, bayi akan tergesa-gesa sehingga membuat puting menjadi lecet atau frustasi.

5. Memastikan posisi menyusui sudah benar

Baik berbaring atau duduk, Anda harus memastikan posisi bayi lebih nyaman saat menyusui. Salah satunya bayi akan kuat menyedot ASI tanpa melepasnya berkali-kali. Posisi yang benar akan membantu bayi bisa mengendalikan hidung sehingga jalur pernapasan mereka tidak terganggu.

Pada bayi yang baru lahir, Anda harus berhati-hati untuk memastikan bayi tidak tertekan di bagian hidung. Pilih posisi yang benar sesuai dengan kondisi Anda sendiri, misalnya ukuran payudara yang besar direkomendasikan menyusui dengan posisi pelekatan mengapit si kecil di bawah lengan.

Seiring perkembangan usia, si kecil akan lebih pandai mengendalikan pernapasan saat menyusui. Ibu yang pemula pun akan semakin terampil dengan wawasan dan pengalaman baru dalam menyusui yang baik dan benar, ya!

Kini Anda bisa mencoba pelekatan posisi menyusui yang benar dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Dampak salah menyusui bisa membuat bayi tidak bisa menikmati ASI dengan optimal sehingga pertumbuhan dan perkembangannya menjadi terganggu. Posisi yang salah pun akan membuat kondisi puting Anda menjadi lecet atau payudara bengkak akibat ASI yang tidak disalurkan secara maksimal. Bayi yang sehat dan cerdas berkat ASI eksklusif, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *