Hal-Hal yang Seharusnya Anda Ketahui Tentang Guiding Block

  • Whatsapp
Hal-Hal-yang-Seharusnya-Anda-Ketahui-Tentang-Guiding-Block
Foto dari Canva Pro

Fasilitas publik digunakan oleh banyak orang. Mulai dari yang tua hingga yang muda, dari yang fisiknya sempurna hingga orang-orang penyandang disabilitas. Karena itulah, fasilitas publik tidak boleh dibangun sembarangan dan harus memperhatikan kebutuhan semua orang, termasuk para difabel. Dengan adanya perusahaan yang jual guiding block Surabaya, memudahkan para developer membangun fasilitas publik yang lebih ramah difabel.

Apa itu guiding block? Ketika Anda berjalan di trotoar atau fasilitas publik lainnya, Anda akan menemukan bagian yang timbul dengan pola tertentu. Bagian jalan yang timbul ini ada yang berwarna kuning, ada juga yang berwarna silver. Inilah yang dinamakan dengan guiding block, atau yang bisa diartikan sebagai jalur pemandu.

Yang Perlu Diketahui dari Guiding Block

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami rangkum mengenai sederet hal yang perlu Anda ketahui mengenai guiding block :

1. Fungsi jalur pemandu

Hal pertama mengenai fungsi dari jalur ini. Sesuai namanya, guiding block berfungsi sebagai jalur pemandu. Jalur ini digunakan oleh orang-orang penyandang difabel tuna netra. Dengan adanya jalur ini, mereka yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan lebih mudah beraktivitas di tempat umum tanpa takut tertabrak atau hal-hal lainnya.

2. Arti pola guiding block

Pola jalur pemandu dibagi menjadi dua pola, yaitu pola bulatan dan pola bergaris. Pola pada guiding block tidak dibuat secara sembarangan oleh perusahaan yang jual guiding block Surabaya. Ada ketentuan khusus dan standar yang harus dipenuhi.

Tiap pola memiliki arti yang berbeda. Pola guiding block yang berbentuk bulatan-bulatan lingkaran memiliki arti berhenti. Sedangkan pola berbentuk garis lurus berarti jalan terus.

3. Jenis guiding block

Guiding block tidak hanya dibedakan berdasarkan pola, namun juga warna. Ada dua jenis warna yang sering digunakan pada guiding block, yaitu :

  • Warna kuning atau jingga

Jalur pemandu dengan warna ini dipasang di trotoar. Biasanya menggunakan bahan dasar teraso, ada juga yang menggunakan tactile paving. Guiding block dengan bahan dasar ini memiliki sederet kelebihan, seperti anti-slip, warna yang lebih menyala, dan harga yang lebih terjangkau.

  • Warna silver

Guiding block berwarna silver biasanya terbuat dari logam dan dipasang di jalanan yang beraspal. Sayangnya, guiding block berbahan logam ini rawan pencurian karena harga jualnya yang lumayan tinggi.

4. Pemasangan guiding block

Anda bisa dengan mudah menemukan guiding block di fasilitas umum semudah Anda mencari yang jual guiding block Surabaya. Pemerintah semakin menyadari pentingnya fasilitas publik yang ramah bagi penyandang disabilitas. Karena itulah, pemerintah mengeluarkan aturan mengenai pemasangan guiding block ini yang tertuang dalam Permen PU No. 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Guiding block dipasang di tempat-tempat atau fasilitas umum, yaitu:

  • Jalur lalu lintas kendaraan
  • Di depan pintu masuk dan keluar
  • Jalan menuju tangga
  • Jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum
  • Trotoar
  • Bangunan gedung, seperti kantor, pusat perbelanjaan, perpustakaan, rumah sakit. Kecuali rumah tinggal dan rumah deret sederhana

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai guiding block. Dari sini Anda tahu bahwa jalur pemandu disabilitas ini bukan hanya penghias untuk mempercantik kota, melainkan memiliki fungsi sebagai jalur yang memudahkan akses penyandang difabel tuna netra.

Ada banyak tempat jual guiding block di Surabaya. Salah satunya yang terbaik adalah dari guiding block Terramix.  Untuk Anda yang tertarik menggunakan ubin guiding block produksi Terramix, silahkan hubungi projek direktur kami melalui Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) atau email : [email protected]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *