Diabetes Type 1 dan Gejalanya

  • Whatsapp
Diabetes-Type-1-dan-Gejalanya

Diabetes bisa bagi menjadi dua menurut gejala yang dialami oleh penderitanya. Pertama adalah diabetes type 1, yang menyerang beragam kelompok usia. Sedangkan jenis yang lain adalah diabetes type 2, yang sering menyerang orang lanjut usia dengan gejala-gejala yang sulit sekali dideteksi. Semuanya, dikarenakan oleh konsumsi gula yang berlebihan dan masuk ke darah. Lebih lanjut mari kenali type 1 dari diabetes yang sering diderita oleh beragam kelompok usia.

Mengenali Gejalanya

Diabetes type 1 ini merupakan penyakit diabetes yang tidak memandang usia penderitanya. Diabetes ini menyerang berbagai kelompok usia mulai dari 4-7 tahun dan 10-11 tahun hingga orang lanjut usia. Gejala pada diabetes ini sudah bisa di deteksi pada usia seminggu. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui gejala diabetes ini.

1. Buang air kecil terus-menerus

Gejala ini muncul dengan merasa ingin buang air kecil terus menerus. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja sangat keras saat menyaring gula yang berlebih. Akibatnya, urin menjadi kental karena gula yang ada dalam darah.

2. Mudah haus

Dikarenakan tubuh yang terus mengeluarkan cairan, maka tubuh akan mengirim sinyal bahwa tubuh merasa haus. Hal ini dikarenakan tubuh ingin mencairkan urin yang kelebihan zat glukosa sehingga menjadi sangat kental.

3. Kelelahan

Gejala selanjutnya adalah mudah lelah, penderita diabetes ini akan mudah kelelahan akibat dari gejala-gejala lain yang telah disebutkan di atas.

Faktor-faktor Risiko

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan menjadi salah satu faktor utama pada penderita diabetes. Pada kasus seperti ini, mungkin Anda memiliki keluarga yang mempunyai riwayat diabetes sebelumnya, semisal dari kakek atau dari ayah. Hal ini sangat berpengaruh, sebab penyakit diabetes menurun lewat gen yang diturunkan dari keluarga.

2. Usia

Usia juga termasuk faktor yang mempengaruhi diabetes type 1, meski di usia 4-7 Anda sudah bisa terkena diabetes, tetapi faktor usia lanjut juga merupakan faktor utama. Metabolisme pada usia tua sangat mempengaruhi kadar gula pada tubuh Anda.

Komplikasi

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, meski masih tergolong usia dini. Maka dari itu, ancaman komplikasi pada penyakit ini sangat besar. Komplikasi hanya akan menambah parah penyakit diabetes yang Anda derita. Kondisi ini akan semakin memperburuk tubuh Anda serta menyulitkan dalam proses pengobatannya. Komplikasi pada penderita diabetes diantaranya adalah gangguan saraf, retinopati diabetik, kaki diabetes, infeksi kuman, ketoasidosis diabetik, gagal ginjal.

Demikian penjelasan tentang diabetes type 1 yang meliputi gejala, faktor-faktor penyebab, dan komplikasi yang akan diderita oleh penderita diabetes type tersebut. Semoga paparan di atas bermanfaat bagi Anda yang dalam masa perawatan atau yang ingin mencegah diabetes pada diri Anda. Untuk itu, lebih baik Anda mencegah penyakit diabetes, dari pada harus menjalani serangkaian program penyembuhan diabetes.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *