Catat, Ini 5 Tanda Kekurangan Vitamin yang Harus Diwaspadai!

5-Manfaat-Air-Garam-untuk-Kesehatan-Anda
Foto dari Canva

Vitamin menjadi salah satu zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kehadiran vitamin dalam tubuh memberikan begitu banyak manfaat. Setiap jenis vitamin akan menjalankan fungsinya masing-masing dalam memelihara kesehatan tubuh. Anda sebaiknya menerapkan pola makan sehat agar asupan vitamin terpenuhi. Kenali juga apa saja tanda kekurangan vitamin agar Anda bisa segera mengatasinya.

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin maka akan terlihat adanya tanda-tanda khusus. Tanda-tanda ini sebenarnya menjadi indikator bagi Anda untuk segera melakukan tindakan tertentu agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik. Berikut ini adalah 5 tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin:

1. Bibir Pecah-Pecah

Anda bisa melihat kondisi bibir untuk mengetahui apakah tubuh menerima asupan vitamin yang mencukupi atau tidak. Orang yang kekurangan vitamin biasanya akan mengalami masalah bibir pecah-pecah. Umumnya hal ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B terutama jenis riboflavin dan zat besi.

Selain bibir pecah-pecah sebenarnya kekurangan vitamin juga bisa memicu berbagai jenis masalah kesehatan rongga mulut lain. Salah satunya adalah sariawan yang bisa dipicu karena kekurangan vitamin C, B1, B2, dan B6. Sariawan dan bibir pecah-pecah ini tentu saja akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan kesulitan saat makan maupun minum.

2. Kulit Kering dan Bersisik

Tanda kekurangan vitamin juga bisa dilihat dari kondisi kulit. Orang yang kekurangan asupan vitamin biasanya akan mengalami kulit kering dan bersisik. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kulit tubuh Anda namun juga kulit kepala. Orang biasanya menyebut kondisi kulit kepala kering dan bersisik sebagai masalah ketombe.

Kulit bersisik dan ketombe ini disebabkan kekurangan asupan vitamin B3, B3, dan B6. Biasanya kondisi ini akan berkembang semakin parah jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. Individu yang mengalami kulit bersisik dan ketombe cenderung akan merasa gatal dan menggaruk bagian kulit tubuh maupun kulit kepala. Penggarukan ini kemudian memicu terjadinya iritasi.

3. Mata Kering dan Rabun Senja

Anda juga bisa merasakan gangguan kesehatan mata sebagai dampak dari kekurangan asupan vitamin. Orang yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin A biasanya akan mengalami mata kering. Selain itu kondisi kekurangan vitamin A juga bisa memicu terjadinya rabun senja. Artinya, individu tersebut akan mengalami penurunan penglihatan saat hari mulai gelap.

4. Mudah Lelah

Kekurangan vitamin juga bisa ditandai dengan kondisi tubuh yang jadi lebih mudah merasa lelah. Umumnya hal ini dipicu karena tubuh kekurangan asupan vitamin D. Hal ini disebabkan oleh peran penting vitamin D dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan otot di dalam tubuh. Selain mudah lelah, kekurangan vitamin D juga bisa memicu kram otot, nyeri tulang, dan tekanan darah tinggi.

5. Gangguan Koordinasi Tubuh

Anda juga bisa menduga adanya kekurangan vitamin saat koordinasi tubuh terganggu. Gangguan koordinasi tubuh membuat Anda akan sulit melakukan gerakan tertentu. Hal ini bisa dipicu oleh asupan vitamin E yang kurang. Sebenarnya defisiensi vitamin E ini sangat jarang dijumpai. Umumnya hal ini terjadi saat seseorang mengalami penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan penyerapan lemak.

Penting sekali untuk mengenal dan mewaspadai setiap tanda kekurangan vitamin yang sudah disebutkan tadi. Pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin yang memadai setiap hari. Konsumsi makanan sehat dan terapkan pola hidup yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk vitamin dalam tubuh Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.