Banyak Kecelakaan di Jalan Tol yang Bisa Kita Hindari dengan Cara Ini

Banyak-Kecelakaan-di-Jalan-Tol-yang-Bisa-Kita-Hindari-dengan-Cara-Ini
Foto dari Canva

Mengemudi di jalan tol tentu membawa tantangan tersendiri bagi para pengemudi. Cara berkendara yang asal dan mengacuhkan aturan-aturan dalam berkendara dapat membuat perjalanan kita berisiko mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan langkah preventif guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam perjalanan, khususnya di jalan tol. Beberapa diantaranya adalah memiliki asuransi perjalanan dan berkendara dengan baik. Tentunya kita bisa mengakses banyak info terkait asuransi perjalanan online dengan mudah dan di sisi lain juga menekuni tips berkendara yang baik di jalan tol seperti berikut ini:

1. Pahami lajur

Sebagai pengendara yang bijak, hendaknya memahami aturan dasar mengenai lajur kendaraan di jalan tol sebelum berkendara. Hal mendasar yang patut diketahui adalah:

  • lajur kanan: untuk kendaraan yang bergerak lebih cepat atau yang akan menyusul.
  • lajur kiri: untuk kendaraan dengan kecepatan lebih lambat atau kendaraan besar seperti bus, truk, dsb.
  • bahu jalan (di luar tiga lajur utama jalan tol): untuk kendaraan yang berada dalam keadaan darurat, misal mobil ambulans.

2. Perhatikan batas kecepatan

Hindari mengebut dalam jalan tol karena batas kecepatan yang diizinkan di jalan tol adalah 60 – 100 km/jam yang artinya batas terendah kecepatan adalah 60 km/jam dan tertinggi adalah 100 km/jam.

3. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain sangatlah penting untuk dilakukan karena hal ini dapat memberikan waktu kepada otak untuk memberikan reaksi atas apa yang terjadi. Jarak yang aman dapat membuatmu terhindar dari kecelakaan beruntun.

4. Gunakan lampu sein dengan bijak

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah nyalakan seinmu jika ingin bermanuver namun segera matikan apabila kamu sudah selasai dan perlambat kecepatanmu apabila kendaraan lain menyalakan lampu seinnya

5. Hindari rem mendadak

Melakukan pengereman mendadak dapat memicu terjadinya kecelakaan beruntun karena kita tidak pernah tahu seberapa cepat laju kendaraan di belakang. Oleh karena itu, hindari hal ini dan berkendaralah dengan batas kecepatan yang normal.

6. Pastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam keadaan baik

Jika hal diatas sudah dilakukan, namun kondisimu sebagai pengemudi dan kendaraanmu tidak prima, maka kecelakaan sangat mungkin terjadi. Sebelum bepergian, pastikan kondisi kendaraan baik seperti bahan bakar penuh, lampu sein aktif, rem aktif, klakson berbunyi dengan baik, kondisi ban tidak kempes atau bocor, dsb. Di sisi lain, kamu sebagai pengemudi juga haris dalam kondisi baik seperti tidak mengantuk dan tidak dalam pengaruh alcohol atau obat-obatan.

Sekarang kita sudah tahu tips berkendara yang baik di jalan tol yang jika dilakukan dapat mencegah kita dari kemungkinan terjadinya kecelakaan. Jadi mulailah menjadi pengemudi bijak dan utamakan keselamatan dalam berkendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.