9 Tips Aman Saat Naik Kereta Selama Pandemi

  • Whatsapp
9-Tips-Aman-Saat-Naik-Kereta-Selama-Pandemi
Foto dari Canva Pro

Pandemi penyakit Covid-19 yang berasal dari virus corona tentu meresahkan. Dengan adanya status pandemi ini, banyak orang merasa was-was dengan perjalanan menggunakan transportasi umum, salah satunya kereta untuk jarak jauh seperti dari Surabaya ke Jakarta. Apabila Anda akan membeli tiket kereta Surabaya Jakarta, tentu harus lebih ekstra hati-hati.

Menjaga Diri Saat Bepergian Jauh

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah selalu mengikut protokol kesehatan baik dari pemerintah. Saat ini hasil rapid tes atau PCR/Swab menjadi salah satu hal wajib untuk perjalanan jarak jauh. Selain hasil tes untuk Covid-19, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan melalukan perjalanan jauh menggunakan kereta.

1. Siapkan Masker Cadangan

Sebelum pergi, Anda sebaiknya menyiapkan masker cadangan. Perjalanan kereta yang jauh seperti dari Surabaya ke Jakarta akan memakan waktu kurang lebih 8-16 jam.

Dengan keadaan yang sangat lama itu, Anda harus tetap mengganti masker. Bawalah tiga hingga empat masker di tas karena harus diganti setiap empat jam sekali. Selain membawa masker, bawalah kantong kedap udara untuk menyimpan masker yang telah dipakai.

2. Membawa Disinfektan dan Pembersih Tangan

Selalu bawa disinfektan dan pembersih tangan di tas Anda. Gunakanlah disinfektan untuk permukaan-permukaan yang sering disentuh orang misalnya pintu kamar mandi, pintu gerbong, atau kursi kereta.

Bersihkan tangan Anda secara berkala dengan hand sanitizer atau pembersih tangan secara berkala. Apabila kulit tangan Anda sensitif, Anda juga dapat memilih pembersih tangan berbahan lembut atau membawa hand cream agar tidak tangan tidak kering.

3. Transaksi Online

Hal yang harus dicatat saat membeli tiket kereta, misalnya tiket kereta Surabaya Jakarta, Anda lebih baik menggunakan aplikasi untuk membeli tiket. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi kontak fisik dengan pengguna layanan kereta api yang lain.

4. Selalu Membawa Tisu Basah dan Kering

Gunakan tisu kering untuk mengeringkan tangan atau mengeringkan permukaan. Tisu basah juga dapat digunakan untuk mengelap permukaan yang sering dipegang di kereta. Anda juga dapat membawa alcohol swab untuk membersihkan permukaan smartphone Anda.

5. Menggunakan Face Shield atau Kacamata

Perlindungan lain saat di kereta yang dapat digunakan adalag face shield. Dengan menggunakan benda ini, Anda dapat melindungi diri lebih baik dari percikan ludah saat orang sedang berbicara, batuk, atau bersin.

Selain face shield, Anda dapat membawa kacamata. Benda tersebut setidaknya dpaat melindungi mata Anda dari percikan cairan. Kacamata penting karena Covid-19 juga dapat menular melalui mata.

6. Menggunakan Pakaian Lengan Panjang

Untuk mencegah adanya kontak fisik, jaket dan pakaian lengan panjang lain dapat membantu. Anda juga dapat menggunakan bawahan panjang.

7. Berusaha Tidak Berbicara Selama Perjalanan

Salah satu bentuk penularan Covid-19 adalah melalui partikel kecil yang menyebar lewat percikan atau droplet melalui membuka mulut seperti berbicara, tertawa, bersin, atau batuk.

Karena kereta merupakan ruangan yang tertutup, maka partikel-partikel dari droplet yang mungkin saja terdapat virus corona dapat bertahan di udara beberapa saat. Dengan demikian, Anda sebaiaknya berusaha untuk tidak berbicara meski menggunakan masker.

8. Memilki Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi membantu pemerintah untuk melakukan pelacakan pada penyebaran Covid-19. Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah akan menelusuri riwayat kontak.

9. Datang Lebih Awal

Datang lebih awal dapat membantu Anda untuk menyiapkan diri mulai dari perlengkapan new normal. Dengan datang lebih awal, Anda juga tidak perlu ganti masker saat itu juga.

Ketika tiket kereta Surabaya Jakarta sudah di tangan, Anda dapat segera menyiapkan perlengkapan untuk new normal. Semakin baik persiapan, Anda tidak perlu merasa sangat was-was karena setidaknya ada yang perlindungan diri yang standar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *