4 Cara Merawat Baterai Smartphone untuk Aktivitas Gaming

  • Whatsapp
4-Cara-Merawat-Baterai-Smartphone-untuk-Aktivitas-Gaming
Foto dari xiaomist.com

Selain sebagai media untuk berkomunikasi, saat ini smartphone juga sering digunakan untuk bermain game. Ini membuat pabrikan smartphone berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan para gamers saat bermain game di smartphone, seperti Black Shark 3.

Meskipun sudah dirancang sedemikian rupa untuk memfasilitasi aktivitas gaming, biasanya para gamers ini akan menghabiskan waktu yang lama untuk bermain game di smartphone mereka. Hal ini membuat daya baterai smartphone tersebut beresiko lebih cepat rusak.

Merawat baterai smartphone

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas gaming di smartphone, berikut beberapa cara untuk tetap merawat baterai smartphone Anda agar tetap awet.

1. Jangan bermain game saat smartphone di-charge

Ketika Anda bermain game di smartphone, Anda sering lupa waktu dan tidak sadar hingga baterai smartphone Anda hampir habis. Biasanya para gamers ini akan mengisi daya smartphone mereka sambil tetap melanjutkan permainan yang masih terus berjalan, terlebih jika Anda memainkan game-game MOBA.

Namun kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang buruk untuk baterai dan juga layar smartphone Anda. Memainkan game saat smartphone sedang diisi daya bisa membuat baterai menjadi overheat dan merusak layar. Maka, lebih baik kamu menghentikan sementara aktivitas bermain game kamu ketika smartphone sedang diisi daya.

2. Selalu menggunakan charger original

Untuk memastikan agar baterai smartphone Anda bisa tetap awet dan tidak rusak, pastikan Anda selalu menggunakan charger yang original. Charger original smartphone tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan daya listrik smartphone tersebut. Hindari menggunakan charger dengan kualitas buruk atau powerbank yang Anda anggap lebih praktis dan bisa Anda isi daya sambil tetap bermain game.

3. Menjaga suhu smartphone

Berbagai smartphone dengan spesifikasi untuk kegiatan gaming seperti Black Shark 3 memang telah dirancang untuk aktivitas bermain game. Namun memainkan game-game dengan kualitas grafis yang cukup tinggi dalam waktu yang cukup lama tetap saja beresiko membuat smartphone tersebut menjadi lebih cepat panas dibanding saat tidak digunakan untuk bermain game.

Untuk menjaga smartphone dan baterainya dari kerusakan, sebaiknya Anda menghentikan sebentar aktivitas bermain game ketika suhu smartphone sudah terasa terlalu panas. Berikanlah waktu untuk smartphone tersebut melakukan cooling down dan hentikan semua aplikasi yang berjalan di background. Ini bisa mengurangi load kinerja prosesor pada smartphone yang membuatnya menjadi lebih cepat panas. Setelah suhu smartphone kembali normal, barulah Anda aman untuk kembali memainkan game.

4. Sering membersihkan cache

Aplikasi-aplikasi semacam game yang kamu mainkan akan menyisakan sisa-sisa sampah berupa cache. Cache yang tidak jarang dibersihkan akan memenuhi RAM dan mempengaruhi kinerja RAM pada smartphone tersebut.

RAM yang jarang dibersihkan dari cache akan membuat kinerja smartphone menjadi lambat ketika Anda gunakan untuk bermain game atau sekedar browsing. Untuk merawat baterai dan smartphone Anda, rutinlah untuk membersihkan cache dari sisa-sisa aplikasi yang Anda jalankan agar fungsi smartphone bisa tetap bekerja secara maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat baterai dan smartphone Anda agar tetap awet meskipun sering digunakan untuk bermain game setiap hari. Selain melakukan perawatan dengan benar, Anda juga perlu memilih smartphone yang memiliki spesifikasi untuk aktivitas gaming seperti Black Shark 3 yang bisa Anda beli di toko elektronik maupun marketplace. Dengan memilih smartphone yang tepat, Anda bisa bermain game dengan lebih maksimal dan menyenangkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *